Surga yang Dijanjikan

, , No Comments
ilustrasi

Di sana, ada sebuah tempat yang selalu tersebut dalam do'a, terucap di dalam pengharapan, menjadi ujung dari setiap permintaan, dan oleh jiwa selalu dirindukan. Benar, ia adalah surga, kampung halaman Adam dan keturunannya. Tempat asal manusia yang sebenarnya. Maka di sanalah seharusnya tempat kembalinya manusia.


Surga, sebaik-baik tempat kembali insan yang mendapat Rahmat Allah. Allah berjanji memberikan surga pada orang-orang yang ia janjikan. Bolehlah kita mengintip sedikit suasana surga yang telah dijanjikan Allah tersebut. Semata-mata agar jiwa ini cenderung pada apa-apa yang menjadi sebab kita memperoleh sebaik-baik tempat kembali itu. Agar jiwa tak pernah abstain untuk selalu merindu pada tempat terbaik yang telah dijanjikan itu. Agar namanya (jannah)selalu kita sebut saat kita mengemis di hadapan Allah dalam permohonan.

Mari kita intip sebagian  suasana surga yang telah dijanjikan. Inilah diantara suasana surga yang diberitakan sebagai kabar gembira bagi orang bertakwa dalam Q.S Muhammad : 15

مَثَلُ الْجَنَّةِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ

“Perumpamaan taman surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa”

Mengalir sungai-sungai
Surga yang telah dijanjikan adalah untuk orang-orang bertakwa yang mendapat kemenangan agung dari Allah. Ia (surga) memiliki sungai-sungai yang mengalir.

"surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai" (Q.S Taubah : 89)

Seperti apakah sungai-sungai yang mengalir itu? Maka, lanjutan ayat 15 dari Surat Muhammad menggambarkannya. Di surga terdapat sungai-sungai yang airnya segar, tidak payau.
فِيهَا أَنْهَارٌ مِّن مَّاء غَيْرِ آسِنٍ
“Di sana ada sungai-sungai yang airnya tidak payau”

Ada pula sungai dari susu yang tak membuat kenyang dan enek, berbeda dari susu dunia.

وَأَنْهَارٌ مِن لَّبَنٍ لَّمْ يَتَغَيَّرْ طَعْمُهُ

“Dan sungai-sungai air susu yang tidak berubah rasanya”
Ada pula sungai dari khomr, yang tidak membuat mabuk seperti khomr dunia. Lezat bagi orang yang meminumnya.

وَأَنْهَارٌ مِّنْ خَمْرٍ لَّذَّةٍ لِّلشَّارِبِينَ

“Dan sungai-sungai khamar yang lezat rasanya bagi peminumnya”
Ada pula sungai dari madu yang sangat murni, yang tentu tak sama seperti madu dunia.
Sungai dr madu yg sangat murni.

وَأَنْهَارٌ مِّنْ عَسَلٍ مُّصَفًّى

“Dan sungai-sungai madu yang murni”

Pun buah-buah dengan segala jenisnya  telah disediakan untuk penghuninya.

 “Di dalamnya mereka memperoleh segala macam buah-buahan

Dan lebih dari itu, Allah sediakan ampunan untuk hamba-Nya yang terpilih. Ampunan-Nya menjadi puncak kenikmatan. 

 “dan ampunan dari Rabb mereka
(Q.S Muhammad : 15)

Surga tidak pernah terlihat oleh mata, tidak terdengar oleh telinga, dan tidak prnah terbersit dalam hati. Kenikmatannya lebih segar, lebih enak, dan  lebih nikmat dari yang kita bayangkan di dunia. Sekali-kali manusia tak pernah bisa menjangkau dalam angannya bentuk surga yang sesungguhnya.

Jika pun saat ini kita membayangkan nikmatnya sungai yang mengalir dari susu, madu, khomr dan buah-buah yang disediakan berbagai jenis. Maka di surga adalah lebih nikmat dan lebih dari apa yang kita bayangkan. Karena  luar biasanya surga, ada di luar jangkauan pikiran kita. Inilah diantara suasana surga yg disediakan untuk orang-orang bertakwa.

Maka semakin rindulah hati ingin berada di sana. Lalu terlantunkannya permohonan akan surga dalam setiap bait doa, semakin menggesa amal baik sebagai pemberat pahala, itu semua menjadi ikhtiar manusia untuk menggapainya. Berharap kembali ke kampung halaman yang sesungguhnya.

Allahumma inni as-alukal jannah wa a’udzubika minannar”
“ya Allah, aku memohon pada-Mu surga dan berlindung dari siksa neraka”
(H.R Abu Dawud, Ibnu Majah, Ahmad)

Wallahu a'lam bishshowab.


0 komentar:

Post a Comment